Rabu, 11 Agustus 2010

4th Day : Filsafat Teknologi

Pengolahan Sinyal Dijital ato dalam bahasa Tarzan artinya Digital Signal Processing ada mata kuliah yang pertama gw di hari Rabu yang dingin menusuk, saking dinginnya gw sampe ketiduran terus pas kuliah. Ehem, sebenernya gw ga bisa disalahin sepenuhnya si, gw jadi ngantuk gara-gara dosen gw tuh filsuf. Dari kuliah PSD yang mestinya sangat teknikal menjadi sangat dramatikal, kata temen gw dosen itu juga ngajar di filsafat teknologi, jadi wajar deh kalo bahasan beliau bisa membuat gw merasa di ninabobo kan.

Okeh serius lagi, jadi 1 kata kunci yang gw dapet dari kuliah tadi adalah Sinyal. Sinyal adalah sesuatu yang dipancarkan/dikeluarkan oleh suatu sumber yang kemudian ditangkap oleh penerima langsung dan tak langsung. Sinyal memiliki besaran yang dapat diukur (bermacam-macam besaran) dan perubahan besaran tersebut akan memberikan informasi pada penerima. Gampangnya sebuah informasi bisa berpindah apabila ada sinyal yang membawanya.

Pada dasarnya sinyal ada 2 jenis, yaitu Sinyal Analog (biasanya bersifat kontinyu, berada di dunia nyata misalnya suara, cahaya dst) dan sinyal Digital (biasanya bersifat diskrit, berada di dunia maya, misalnya data 0/1, besar frekuensi setiap suatu selang waktu dst). Kedua sinyal yang mestinya ga berhubungan ini menjadi sangat berhubungan dengan ada ADC alias Analog to Digital Converter (fungsinya bisa ditebak dari namanya lah ya :P). Dari yang gw tangkep kuliah PSD bakal sesuai banget ama namanya, gw bakal belajar cara mengolah sinyal dijital sehingga bisa menghasilkan output sesuai keinginan gw.

Setelah puas tidur nyenyak, gw turun ke HME buat bahas proker yang udah gw sebutin kmaren lebih lanjut. Ngumpul sama panitia 2008 n maganger 2009 menyadarkan gw pada 1 hal ,yaitu ajaib banget gw ditunjuk jadi PJAdik Asuh ini, gw Cuma tau garis besar kegiatannya dan setelah denger panitia yang asli ngomong gw baru tau kalo ada banyak yang miss dari penjelasan gw ke maganger 09. *Wahai 08 maafkanlah PJ yang buta ini n 09 maafkan saya karena sudah “Sedikit” menyesatkan kalian T-T.

Okeh, cukup sudah nangis2nya, balik ke proker Adik Asuh deh, jadi tadi kita udah bagi ke 12 maganger peminat Adik Asuh buat jadi panitia inti 2009, terus apa-apa saja yang perlu dipersiapkan buat hari H juga dibahas. Ah iya, kalo kmaren gw bilang eksekusinya hari sabtu ternyata mundur jadi hari minggu karena bentrok ama acara kementrian lain. Pokoknya semoga hari minggu ini semua bisa berjalan lancar.

Okeh, lanjut ke kuliah kedua gw yaitu sisken. Di kuliah ini gw dapet 2 hal. yang pertama tuh tentang transien. Jadi sistem seperti apapun ga bakal ada yang bisa merespon input seketika (tanpa jeda waktu) dan benar-benar sesuai dengan input yang diberikan, pasti terdapat jeda waktu antara input dengan respon dan bentuk responnya akan berbeda dari respon yang diharapkan. Hal itu disebut dengan transien . (udah diajarin dari jaman sinyal sistem sih sebenernya).

Yang kedua adalah tentang jenis Loop (sebutan untuk alur pengendalian sistem), yaitu Loop Terbuka dan Loop Tertutup. Loop Terbuka artinya kita tidak menggunakan feedback pada sistem, jadi yang kita lakukan hanya memberikan input yang langsung diolah menjadi output tanpa peduli pada kondisi sistem, Loop terbuka digunakan pada sistem yang sederhana dan bisa diprediksi.

Untuk sistem yang lebih kompleks digunakan Loop Tertutup, yaitu kita menggunakan feedback pada sistem. Sistem akan mengolah input yang kita masukkan, kemudian menghasilkan output. Tidak berhenti situ, output juga akan dijadikan feedback yang akan mempengaruhi sistem dalam mengolah input yang baru.

Kuliah terakhir hari ini tuh MRI(Manajemen Rekayasa Industri), Cuma ada 1 hal yang ada dipikiran gw tentang kuliah ini. Ga niat.

Kegiatan terakhir gw hari ini adalah kumpul pengmas, beda dengan kumpul sebelumnya yang ketemu maganger peminat adik asuh, sekarang gw ketemu ama semua maganger pengmas (gw barengan sama mentri pengmas dan temen-temen yang laen). Kumpul yang sangat singkat, hanya sekitar 15 menit. Dalam 15 menit itu gw dan temen-temen menjelaskan proker pengmas dalam waktu dekat, yaitu HME berderma, survey desa n adik asuh. Sangat-sangat tidak jelas menurut gw karena waktu yang sangat singkat itu, tapi emang ga ada pilihan laen sih. Gw Cuma berharap proker2 pengmas ini bakal berjalan dengan lancar semuanya.

Well, cukup panjang kali ini, tapi bersyukurlah kegiatan hari ini Cuma segitu, beberapa minggu lagi gw bakalan lebih sibuk lagi.

Yang gw dapat hari ini : materi kuliah PSD n sisken, pencerahan tentang adik asuk n pembagian tugas, puasa hari pertama yang tidak jelek

Yang harus gw lakukan besok : Kuliah dengan baik selama 5 jam berturut-turut, ngecek kemajuan 09 tentang adik asuh.

Next Post : Fifth Day

Tidak ada komentar:

Posting Komentar