Senin, 09 Agustus 2010

2nd Day : 2 Jam saja cukup

Hari ini hari pertama gw kuliah semester 5 dan mata kuliah yang pertama kali gw perawanin adalah Sisken alias Sistem Kendali yang dalam bahasa jawa Control System. Kuliah pertama tadi cuma ngebahas konsep dari sistem kendali, yang ternyata sangat simple ( dari yang gw tangkep sih).

*Pake bahasa agak formal aja ya.

Sisken adalah cara manusia untuk mengendalikan suatu sistem sehingga melakukan hal yang diinginkan manusia. Dan untuk bisa mengendalikan suatu sistem kita harus mengetahui karakteristik sistem yang dimaksud, misalnya apa saja yang bisa kita ubah dari sistem, bagaimana koordinasi sistem, bagaimana respon sistem terhadap input dst.

Pada dasarnya konsep dan analisa sistem kendali tidak hanya bisa diaplikasikan pada sistem-sistem yang berhubungan dengan listrik, tapi segala jenis sistem yang ingin dikendalikan. Misalnya analisis koordinasi, respon, jenis input, jenis output dst.

Dalam permodelan sistem ada beberapa istilah yang bisa digunakan yaitu interaksi, parameter, dan variable. Biar lebih gampang kita contohkan gini


Memasak air

Rumus Luas Segitiga

Motor Listrik

Interaksi

Api mendidihkan air

L = 0.5 * a * t

Arus listrik mempengaruhi kecepatan putar motor

Parameter

Luas penampang bejana air, volume air

0.5

Jumlah lilitan, kualitas magnet

Variabel

Suhu api, Kecepatan air mendidih

Luas, alas, tinggi

Tegangan, arus, kecepatan putar

Dari sini bisa disimpulkan sendiri kan arti dari istilah-istilah diatas.

Okeh, abis itu entah kenapa gw kehilangan kesadaran di tengah-tengah kuliah (ketiduran). Jadi mungkin segitu aja dari kuliah sisken. Seharusnya setelah sisken gw ada 2 kuliah lagi, tapi dengan gantengnya dosen-dosen gw ga ada yang dateng dan sukses lah gw Cuma kuliah 2 jam hari ini. *Sungguh awal yang indah -__-a.

Nah lanjut ke kegiatan HME. Hari ini ada kumpul perdana maganger BP HME 2009,disini gw dan temen-temen jelasin proker-proker HME yang bakal dikerjain anak-anak 2009. Gw mengira kalo semua akan berjalan damai,tenang, dan normal sampe ada seorang temen gw (PJS Pengmas alias Penanggungjawab Sementara kementrian Pengabdian Masyarakat HME) berkata, “Sabtu udah LPJ woi, dan proker yang lu pegang belum jalan”. Gw shock sampe pengen boker darah (lebay apa wasir nih ??), udah tinggal bentar banget waktu gw bertugas.

Berita menggemparkan itu gw denger sekitar jam 7 malem dan jam 8an gw sudah harus ngasi kegiatan buat dijalanin sama anak-anak 2009. Jadi kurang dari 1 jam gw harus ngerencanain kegiatan yang mengikutsertakan anak-anak 2009, 2008 dan anak-anak SD yang ada dibawah naungan himpunan gw. Great.

Dan untung aja tadi siang selagi gw bengong di himpunan ada temen gw yang nanyain tentang buka bareng ama anak-anak SD itu, dan jadilah ide itu yang gw pake buat ngasi kegiatan ke 2009. Hufff thanks a lot sister Nadine, you are my savior : P.

Kegiatan yang cukup normal yaitu buka puasa bareng tapi dengan timeline yang cukup absurd, idenya keluar hari ini (senin) dan eksekusinya adalah sebelum LPJ (gw anggap itu adalah Jumat minggu yang sama). Sangat singkat dan absurd tapi apa boleh buat yang penting udah ada rencana kegiatan, mau teknisnya kaya gimana bisa diurus nanti. *kaburrrr

Doakan kegiatan dadakan ini bisa berjalan lancar yak.

Yah, segitu dulu dari kuliah perdana gw.

Yang gw dapet hari ini : sedikit pengantar kuliah sisken (gw sempet ketiduran), 3 jam sia-sia menunggu dosen, 1 kegiatan dadakan

Yang harus gw lakukan besok : berusaha kaga ketiduran lagi pas kuliah, ngebahas rencana gw tentang kegiatan dadakan itu, ngecek TU FSRD n ruang kelas fotografi.

Next Post : third day

Tidak ada komentar:

Posting Komentar